Sunday, September 16, 2007

Network Marketing
“Gelombang Masa Depan”

Pertumbuhan network marketing bakal pesat,karena banyak perusahaan yang terlibat didalamnya. Ditambah lagi mereka yang bergabung makin menunjukkan kualitasnya.

“Saya akan sangat terkejut bila tidak melihat penjualan network marketing berlipat ganda di era mendatang” ujar pakar ekonomi Amerika Serikat, Paul Zane Pilzer, saat bukunya Unlimitted Wealth (Kemakmuran Tanpa Batas) diluncurkan.
Ternyata, pujian lelaki berkepala plontos itu, tidak berhenti di situ. Di bukunya yang anyar, Next Millionaries, dia juga memperkirakan network marketing sebagai lahan empuk dalam melahirkan jutawan. Dia memperkirakan, khusus Amerika Serikat saja, akan tercipta 10 jutawan baru dari kurun 2006 sampai 2016. Dengan begitu, per tahunnya ada 1 juta jutawan yang lahir dari bisnis ini, yang disebut Paul, sebagai “distribusi intelektual”.
Paul merupakan satu dari sekian pakar yang memberikan pujian terhadap network marketing. Dua pakar lainnya, seperti Brian Tracy-seorang pelatih sales yang sukses-dan Jim Rohn, penulis buku The Art Exeptional Living. Berikut pandangan ketiganya tentang masa depan network marketing.

Jim Rohn:
Menggantikan Franchise
Network marketing sebuah gelombang besar masa depan yang bisa menggantikan franchise, sebuah bisnis dimana asetnya sudah tersedia, tapi tidak mudah dilakukan banyak orang. Maklumlah, modal yang dikucurkan relatif besar. Saya menjadi networker sejak usia 25 tahun, bergabung dalam sebuah perusahaan network marketing, Abunda-Vita, selama lima tahun. Saat memulai, network marketing benar-benar “menyingkapkan” dunia kepada saya. Bayangkan saja, enam tahun kemudian, tepatnya usia 31, saya sudah menjadi jutawan. Bagi saya, bukanlah uangnya. Melainkan ketrampilan yang saya peroleh, dan ini nilainya melebihi dari uang yang saya peroleh. Network marketing mencetak orang-orang menjadi pembicara hebat, memiliki ide-ide positif tentang bagaimana menentukan hasil akhir, menekankan pelayanan, mengatur waktu, pelatihan serta menjadi inspirasi bagi orang lain. Itulah kekuatan sejati network marketing.

Brian Tracy: Tanpa Batas
Masa depan network marketing sesungguhnya tanpa batas. Dan tumbuhnya akan terus berkelanjutan. Kenapa? Sebab, mereka yang berkualitas akan bergabung, sehingga memberikan nilai plus, sekaligus meningkatkan standar network marketing hingga mencapai suatu titik, dimana akan menjadi satu dari sekian banyak metode bisnis yang dihormati di dunia.
Network marketing secara murni berdasar pada relationship selling. Perusahaan besar dan kecil di seluruh pelosok negeri dan segala penjuru dunia menyadari bahwa penjualan individu kepada teman-teman dan rekanannya merupakan masa depan sales. Sebab, elemen penting dalam penjualan adalah kepercayaan. Mereka (konsumen) tidak mempercayai konglomerat ataupun perusahaannya, melainkan kepada pribadi-pribadi si penjual. Network marketing menghasilkan kepercayaan dan kualitas hubungan satu sama lainnya untuk kesepakatan bisnis. Dan ini akan memperluas usaha, hanya dengan memperbanyak jumlah relasi anda.

Paul Zane Pilzer:
Pertumbuhan yang luar biasa
Saya melihat sebuah akselerasi pada network marketing. Apalagi saat ini cukup banyak perusahaan yang memasarkan produknya lewat kekuatan bisnis ini. Saya yakin pertumbuhan bisnis ini akan besar, karena banyaknya dukungan. Seperti diketahui, perusahaan-perusahaan besar telah memperluas usahanya hingga mencapai batas kemampuannya. Mereka melatih konsumen tentang produk-produk dan layanan-layanan baru, meng-update mereka mengenai cara-cara yang lebih baik untuk menggunakan produk. Tapi, itu tidak menyelesaikan persoalan. Ambil contoh, seandainya ada sekitar 50.000 chanel, bagaimana anda dapat mengetahui chanel mana yang ingin anda dengar? Tapi lewat networker, karena fokus dari orang ke orang, akan memberikan informasi produk yang lengkap, spesifik kepada para pelanggan yang membutuhklan. Makanya, merekrut networker bakal dilakukan oleh setiap perusahaan.
Pihak perusahaan akan berkata, “Bagaimana caranya agar kita dapat melipat gandakan, atau bahkan melipat tigakan penjualan dengan jumlah distributor yang sama?” Satu-satunya cara adalah dengan menambah item produk. Perusahaan akan melipat ganda, tiga, empat penjualan dengan menawarkan produk lebih banyak dan lebih baik kepada networker yang ada. (diambil dari majalah Bisnis Plus)


No comments: